Seminar Nasional Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah’Aisyiah (APPPTMA)

WhatsApp Image 2018 11 30 at 19.58.22

Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah’ Asyiah (APPPTMA) kembali mengadakan Seminar Nasioanal bertajuk Tantangan Pascasarjana di era revolusi pasca sarjana industri 4.0. (Sabtu, 2/12/2018)

Seminar yang dihelat di Gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ini dihadiri oleh 150 orang dari sejumlah Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia.

Adapun narasumbernya yakni Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M. Sc., (Direktur Jusuf Kalla School of Government) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang menyajikan tentang tantangan penelitian dan program pascasrjana di era revolusi industri 4.0. Ia menekankan bahwa aspek utama yang perlu diperhatikan ketika ingin mengejar ketertinggalan ditengah tantangan industri 4.0 saat ini adalah perubahan pola pikir dari konvensional ke teknologi.

“saat ini ada persoalan yang harus di hadapi bersama yakni pesatnya teknologi perbasis “Big Data”, namun kelemahan program pascasarjana dalam mengorbit SDM yang berkualitas dan mampu berdaya saing adalah metode pembelajaran dan penelitian yang diarahkan oleh para dosen ke mahasiswa umumnya masih pada tatanan kualitatif dan kuantitatif”.

Sehingga SDM dan karya yang diproduksi jauh dari kata produktif, akibatnya terjadi degradasi dalam menganalisa dinamika digital dan tekanan global yang ada.

Guru Besar FISIPOL yang juga menjabat Ketua Program S3 Politik Islam UMY tersebut menambahkan bahwa selama ini kita dihadapkan oleh perbagai peroblematika atas progres platform media sosial dan segala bentuk layanan berbasis IT. Namun sangat jarang mampu menyaring dan menjadikan pembelajaran atas pesatnya informasi dari beragam platform tersebut. Misalnya Gojek Liga 1 merupakan salah satu layanan yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna media sosial dan memperoleh omset yang sangat besar.

Pada sisi yang sama muncul inovasi yang lain di dalam penataan dan promosi wilayah secara online sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung. Sehingga semuanya memerlukan proses dan pemanfaatan teknologi memadai. Misalnya untuk menganalisa domain omset dan layanan yang terjadi setiap saat di media sosial, maka aplikasi yang disediakan adalah NodeXl, PXL dan lainnya

Sementara Rudianto selaku pembicara kedua di seminar ini pun mengeksplor terkait progres program pascasarjana dalam memainkan ritme industri 4.0.

By. Sumardi

Sekretariat

Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl. A. Yani Pabean Tromol Pos I Surakarta 57102

Telp. 0271-717417 Eks. 159, 162, 201
Email: Sekretariat@asosiasipascaptm.or.id