Rapat Kerja Pengurus APPPTMA Periode 2019-2021

indexAsosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah’ Asyiah (APPPTM) mengadakan Rapat Kerja Pengurus Periode 2019-2021 di Satoria Hotel Yogyakarta, Sabtu (2 Maret 2019)

Rapat Kerja yang dihadiri oleh 30 dosen dari sejumlah Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia ini sekaligus membahas persiapan Konferensi Nasional Ke-9 yang akan diselenggarkan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Agustus mendatang.

7Prof Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc selaku pimpinan rapat sekaligus Ketua APPPTMA menyampaiakan sejumlah indikator perencanaan program kerja yang akan dilaksanakan di bawah kepemimpinan beliau selama 3 Tahun mendatang, temasuk peningkatan mutu publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa baik nasional maupun internasional serta pemberdayaan dan peningkatan Akreditasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah Indonesia (PTMI) .

Menurutnya tantangan PTMI saat ini semakin ketat, termasuk dari kritaria dan standar penilaian Visitasi Akreditasi dari yang sebelumnya hanya 7 Kriteria dan Standar menjadi 9.

“Terdapat 9 Standar indikator dalam Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT) Versi 3.0 yang harus dipenuhi oleh setiap Universitas apabila ingin meningatkan track akrediasi, 9 indikator ini merupakan indikator terbaru yang berbeda dengan indikator sebelumnya yang hanya terdiri dari 7 indikator. Setiap indikator tersebut harus mampu kita capai secara maksimal”.

 

Picture1

 

Beliau juga menambahkan bahwa tantangan kedepan akan semakin sulit mengingat indikator capaian tersebut banyak yang sudah berubah baik dari segi pencapaian nilai makasimal dan juga aturan yang harus dipenuhi.

Dari hasal Rapat Kerja tersebut juga menghasilkan keputusan terkait konferensi ke-9 yang rencana akan dihelat di Malang. Dr Wahyudi Universitas Muhammadiyah Malang selaku koordinator tuan rumah acara mengatakan kesiapan untuk menghelat konferensi tersebut yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 Agustus.