Musyawarah Nasional ke-4 & Konferensi Nasional Ke-8 APPPTMA Se-Indonesia

Perguruan Tinggi Muhammadiyah telah memberikan kontribusi positif bagi bangsa Indonesia dalam ikut serta mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal untuk membangun Indonesia di masa depan. SDM merupakan salah satu pilar untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekonologi (iptek), karena salah satu ukuran suatu Negara itu masuk kelompok Negara maju adalah penguasaan terhadap ipteks melalui proses pendidikan yang berkualitas

Tahuan 2016 tantangan baru telah ditabuh melalui kesepakatan Negara-negara Asia Tenggara dengan membentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau sering disebut dengan istilah ASEAN Economic Community (AEC) yang salah satunya adanya pasar bebas tenaga kerja. Kompetisi tenaga kerja akan semakin ketat, maka menuntut, lembaga pendidikan Muhammadiyah harus berhasil melahirkan SDM yang berkualitas yang diproses melalui proses pendidikan yang berkualitas pula. Ukuran kualitas suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh akreditasi institusi, akreditasi program studi, dan akreditasi internasional serta rangking nasional dan internasional.

Standart untuk mendapatkan akreditasi unggul salah satunya adalah banyaknya karya ilmiah dosen dan mahasiswa hasil dari penelitian yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan dan jurnal internasional yang terindeks di scopus yang memberikan dampak positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, hasil penelitian tersebut diterapkan oleh suatu lembaga (stakeholders) baik dalam bidang ekonomi, tekonologi, politik, seni, sosial budaya maupun pertahanan keamanan.

               Disamping itu, Pascasarjana PTMA dihadapkan tantangan yang perlu di waspadai, yakni diizinkan perguruan tinggi asing (PTA) membuka cabangnya di Indonesia. Kebijakan ini dapat dilihat dari 2 sisi yakni sisi positif dan sisi negatif. sisi positifnya memberikan motiovasi bagi PTMA untuk terus meningkatkan kualitas akademik, menejerial dan pelayanan sehingga minat untuk kuliah di PTMA tetap tinggi. Sisi negatifnya, kalau PTMA tidak mampu bersiang dengan PTA, maka minat untuk kuliah di PTMA akan turun. Padahal PTMA mayorityas masih mengandalkan sumber pendanaan dari Mahasiswa.

                Untuk itulah, Konferensi Nasional Ke-8 Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah 'Aisyiah (APP PTMA) tetap mengangkat dan menentukan tema sepertiu tema-tema sebelumnya yakni " Orientasi program pascasarjana PTM: Memperkuat tradisi Riset dan Publikasi" dengan ini diharapkan menjadi jawaban dari tantangan dari pendidikan untuk masa yang akan datang.  

DOWNLOAD (Klik teks berikut) :

  1. Proposal MUNAS ke-4 dan Konferensi Nasional ke-8 APPTMA
  2. Undangan Direktur Pascasarjana
  3. Undangan Kaprodi
  4. Jadwal Munas dan Konferensi
  5. Template Konferensi Nasional ke-8

 

Sekretariat

Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl. A. Yani Pabean Tromol Pos I Surakarta 57102

Telp. 0271-717417 Eks. 159, 162, 201
Email: Sekretariat@asosiasipascaptm.or.id